Berani Mencoba, Gagal itu Biasa

Wirausaha pemula harus Berani Mencoba, Gagal itu Biasa. Yang terpenting setelah kegagalan itu kita tidak patah semangat dan loyo sehingga tidak berani untuk mencoba dan mencoba lagi. Saya ingat sebuah ungkapan yaitu 'BISA KARENA BIASA'

Saat terjun di bisnis mandiri, saya sering menemukan sebuah bidang pekerjaan yang asing sehingga saya dan team sepakat untuk mencari tenaga freelance yang tentu saja harus dibayar besar terkadang hanya menyisakan sedikit keuntungan. Ada kalanya, klien / konsumen yang merasa tidak puas dengan hasil pekerjaan meminta untuk dilakukan perbaikan dan produksi ulang sehingga bukannya untung malah perusahaan menjadi buntung alias nombok. Pembayaran klien tidak ada yang mengisi kas bahkan kas berkurang karena revisi pekerjaan.

Kami harus cepat berpikir sampai menemukan solusi yaitu : BELAJAR, BELAJAR DAN BELAJAR

Kami mengamati proses pekerjaan orang freelance dan mencoba meniru cara kerjanya. Team produksi selalu belajar dan berlatih hal baru sampai menjadi BISA, minimal kami harus mencapai angka prosentase 90% keberhasilan dan 10% kegagalan.

Ternyata tanpa disadari hal ini yang membantu mengamankan arus kas perusahaan. Kami berikan insentif dan bonus tambahan pada team produksi agar mereka bergairah dan berani mencoba hal-hal baru yang tentu saja menaikkan tingkat produktifitas perusahaan.

Tentu saja percobaan 1, 2, 3 dan seterusnya belum tentu berhasil sehingga kami harus siap menganggung akibat serta kerugian yang mungkin terjadi. Kami siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kerugian di masa trial and error dengan harapan suatu saat ketika team produksi sudah berhasil maka angka kerugian akan berbalik menjadi keuntungan buat perusahaan selain team produksi juga mendapatkan bonus tambahan.

0 comments:

Post a Comment