Bekerja Efektif dan Efisien

Teknologi informasi dan penetrasi internet yang semakin luas seharusnya mampu membuat kita bisa Bekerja Efektif dan Efisien. Kini tinggal kemauan kita untuk menggunakannya, mau atau tidak memanfaatkan fasilitas internet untuk membantu pekerjaan kita?

Bagi orang-orang yang tinggal di kota besar khususnya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya tentu tau dan faham betul bagaimana arus lalulintas sudah macet sehingga proses perpindahan dari 1 tempat ke tempat lain terkadang memakan waktu yang lumayan. Macet membuat banyak waktu kita hanya terbuang di jalan dan hal ini sungguh TIDAK EFEKTIF serta TIDAK EFISIEN untuk proses produksi.

Jujur, saya bukan termasuk golongan umat yang ingin nampak terlihat sibuk bekerja tetapi ternyata tidak menghasilkan apa-apa hanya sekedar dilihat orang lain banyak proyek tetapi hasilnya nol.

Dulu, di awal-awal membangun usaha di bidang industri kreatif, saya seringkali mendatangi undangan  klien ke kantornya. Saya terlihat sibuk banyak meeting dengan klien. Tetapi ketika akhir bulan, omset saya terlalu sedikit dibandingkan dengan pengeluaran waktu, tenaga , pikiran dan tentu saja uang yang keluar untuk trasportasi di jalan.

Kenapa begitu?
Karena saya tidak bisa bekerja secara efektif dan efisien

Pernah ada undangan meeting yang memakan waktu hampir 3 jam sekali jalan artinya 6 jam pulang-pergi dari kantor saya menuju ke tempat klien. Sementara waktu ketemu ngobrol dengan klien kurang dari 30 menit. Saya setelah selesai mengerti kemauan klien langsung pamit pulang.

Waktu 6 jam dalam hidup saya habis hanya untuk mengambil sebuah konsep/ draft design sesuai keinginan klien. Diulangi ... cuma mengambil design 1/2 matang yang masih perlu menyempurnaan dan revisi.

Yang lebih memusingkan, ternyata budget anggaran klien tidak sesuai dengan penawaran harga yang saya berikan untuk pekerjaan tersebut. Kata klien, 'Dana kami segini, bisa nego ga? Itu designnya diedit saja agar dana bisa masuk.'

Arrggghhhh!!!

Kalau dipikir nilai ekonomis, berapa banyak penghematan yang bisa kita lakukan ketika proses urusan design awal dan nego harga dilakukan via email serta telepon atan SMS dan BBM?

Waktu 6 jam bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas yang lain daripada habis di jalan yang macet.

Bukannya saya menolak bertemu dengan klien, saya hanya ingin bekerja secara efektif dan efisien. Saya diuntungkan karena tidak perlu bermacet ria dan klien saja klien juga mengalami hal yang sama.

Saya lebih senang datang ke undangan minum teh atau ngopi, duduk di tempat yang nyaman sambil berdiskusi dan ngobrol-ngobrol soal bisnis daripada datang hanya untuk mengambil konsep design.

Manfaatkan email!
Pergunakan email untuk alat berbagi informasi dan komunikasi!
Pakai email untuk membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien!

Saya yakin bahwa internet sudah akrab di kehidupan masyarakat pebisnis dan pekerja modern sehingga pemakaian fasilitas email seharusnya bisa menjadi makanan sehari-hari apalagi bagi orang-orang yang menempati posisi sering berhubungan dengan relasi/ mitra kerjanya. Kini tinggal kemauan saja untuk menjadikan internet dan email sebagai alat penghubung bisnis

Efektifkan waktu dan efisienkan pekerjaan dengan teknologi yang sesuai. Setuju?

0 comments:

Post a Comment