Hobi Menyalahkan Orang Lain

Hobi Menyalahkan Orang Lain adalah salah satu penyakit mental yang sering menjangkiti umat manusia. Ada orang yang suka menyalahkan orang lain untuk setiap kejadian menyedihkan, menyakitkan dan dirasakan memberatkannya. Dia merasa sudah berbuat maksimal dengan benar dan tidak melakukan kesalahan tetapi hasil yang diterima tidak sesuai harapan maka dicarilah kambing hitam atas nasibnya bahkan menyalahkan lingkungan yang dirasa tidak mendukungnya. Dia berpedoman dirinya selalu benar.

Hobi Menyalahkan Orang Lain adalah sifat kekanak-kanakan serta egois mau menang sendiri

Biasanya, orang yang memiliki Hobi Menyalahkan Orang Lain akan diikuti hobi suka mengeluh. Sedikit-sedikit curhat mengeluhkan kesulitan hidup dan betapa berat bebannya dengan tujuan mengharap belas kasihan orang lain. Diakhir curhat akan terselip kemarahan pada orang dan pihak yang dianggap bertanggungjawab pada kesulitannya.

Kejadian menyalahkan orang lain ini sering terjadi karena orang tersebut sulit untuk menerima tanggung jawab

Berhentilah untuk menyalahkan siapa pun.
Hindarkan diri dari sikap yang menyalahkan siapa pun atau apa pun, apalagi membiarkan energi benci menjadi bagian dari sistem keyakinan hidup. Sebab, energi benci di dalam hati hanya akan membuat Anda jauh dari rasa damai, nyaman, dan bahagia.

Sikap suka menyalahkan orang lain akan menghasilkan emosi negatif secara berlebihan, dan dampaknya Anda akan selalu hidup dalam stres yang berlebihan. Stres yang berlebihan merupakan ancaman yang sangat serius buat kesehatan diri Anda

Kebutuhan Hidup yang semakin komplek memang memberatkan bagi semua orang dengan penghasilan pas-pasan. Bagi para pegawai dan karyawan yang menerima gaji bulanan, banyak biaya dan tagihan yang harus dibayar sementara harga kebutuhan pokok semakin naik tentu membuat pusing ketika harus mengatur kondisi keuangan agar tidak jebol di tengah bulan. Uang gaji harus dikelola dengan benar agar cukup sampai 'tanggal muda' saat menerima gaji lagi dan kalau bisa menyisakan sebagian pendapatannya sebagai tabungan.

Ada pegawai dan karyawan yang bijak dan bisa berpikir kreatif mencari penghasilan tambahan tetapi ada pula orang yang lebih suka menyalahkan orang lain atas kesulitan keuangannya. Pemerintah sering menjadi sasaran tembah dan kambing hitam karena dianggap tidak becus mengurus negara sehingga harga kebutuhan pokok terus naik.

Orang sering menyalahkan para pejabat pemerintah dan mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengatur negara, padahal jika mereka adalah salah satu dari pejabat pemerintah, apakah mereka bisa mengatur negara ini lebih baik ? Belum tentu dan tidak ada jaminan 100%.

Menyalahkan orang lain bukanlah solusi dan juga tidak akan mengubah situasi. Hobi Menyalahkan Orang Lain hanya menghabiskan energi. Kenapa energi itu tidak dimanfaatkan untuk berpikir kreatif daripada terbuang percuma tanpa hasil?

Saat ini masalah yang jelas di depan mata adalah kekurangan uang untuk membayar semua kebutuhan dan keinginan. Terkadang ada orang yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga mereka merasa bebannya semakin berat. Sebaiknya singkirkan ego keinginan dan dahulukan memenuhi kebutuhan. Jika ternyata keuangan masih dirasa kurang, cari uang tambahan di jalan yang benar dan halal.
Allah berfirman: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Qs. Ath-Thalaq: 2-3)
Allah sudah jelas memberikan 1001 jalan rejeki, tugas kita mencari jalan rejeki yang benar.

Masih risau karena merasa kekurangan?
Bersyukurlah atas rejeki yang sudah didapat, berdoa pada Allah SWT, Cari rejeki tambahan dan berhentilah menyalahkan orang lain
Nabi Muhammad saw bersabda, “Sungguh, seandainya kalian betawakkal kepada Allah  dengan sebenar-benar tawakkal, nescaya kalian akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung, mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang  di petang hari dalam keadaan kenyang.” (Ahmad dan Tirmizi)
Saya sering mengingatkan diri sendiri begini :

  • Jika mengeluh bisa merubah keadaan maka saya akan menjadi pengeluh nomor 1. 
  • Jika menyalahkan orang lain bisa membuat saya merasa nyaman dan aman pada diri sendiri dan tidak mau dicap buruk oleh orang lain maka saya akan terus menyalahkan orang 

0 comments:

Post a Comment