Online Marketing Bukan Bisnis Instant!

Ada BBM dari seorang teman, begini :
"Mas, aku pengin belajar online marketing. Bisnisku lagi sepi nih, Ajari cara bikin website ya. Kata orang, website bisa mendatangkan konsumen dan banyak pembeli. Aku pengin bisnisku cepat tumbuh berkembang dengan web bisnis."
WAH! Saya mengambil catatan dari BBM tersebut yaitu :
1. Bisnis si teman lagi drop
2. Si teman ingin belajar online marketing untuk mengembangkan bisnisnya
3. Si teman beranggapan bahwa website bisa CEPAT mendatangkan konsumen.

Bagi saya, catatan no 1 dan no 2 itu baik saja tetapi pemikiran no 3 sangat berbahaya dan bisa menyesatkan. Si teman merasa bahwa website bisa CEPAT menghasilkan kalau bisa sih begitu website online maka pembeli langsung antri di depan toko/ kantornya. Dia beranggapan bahwa Online Marketing adalah Bisnis Instant! BAHAYA!

Diakui atau tidak, saat ini berkembang pemahaman keliru pada sebagian pebisnis bahwa membeli nama domain cantik sesuai bisnisnya lalu sewa hosting terus membangun website bisnis bisa langsung meledakkan omset usaha. Mereka lupa bahwa website online marketing bukan bisnis sulapan, tetap perlu kerja keras dan tak kenal menyerah dari pemilik bisnisnya.

Pemilik bisnis harus mau kerja keras penuh perjuangan agar website menjadi 'cantik' di target pasar konsumennya. Pemilik bisnis bisa membangun sendiri atau membayar tenaga profesional dalam mengelola websitenya sebelum web tersebut bisa mendatangkan omset yang berarti si pemilik tinggal ongkang-ongkang kaki kemudian uang datang sendiri.

Membangun website itu mudah sekaligus sulit dilakukan walaupun jika pemilik bisnis jeli sebetulnya banyak ilmu online marketing yang sudah dishare gratis di internet. Tinggal tanya Google maka banyak pelajaran cara membangun website bisnis  yang bisa dipelajari dan dipraktekkan langsung.

Sama halnya di dunia bisnis offline, dunia online itu keras dan banyak tantangan. Asumsi bahwa online marketing bisa melejitkan pendapatan hanya dengan hitungan waktu saja sungguh berbahaya. Orang sering mencari praktisnya dan hanya melihat secara kasat mata, mereka lupa bahwa keberhasilan pebisnis online marketing tidaklah semudah yang dibayangkan. Mereka bahkan tidak berfikir, bahwa keberhasilan itu didapat oleh usaha yang gigih, tekun dan yakin, faktor yang paling utama adalah  tidak mengenal putus asa.

Memang sih, ada pebisnis online yang mempunyai hoki bagus sehingga begitu bisnisnya tampil di internet langsung melejit. Tetapi berapa banyak pebisnis sukses seperti itu jika dibandingkan dengan pebisbis yang gagal dan bangkrut? Jangan mengandalkan Hoki tanpa mau kerja keras dan semangat berjuang. Alur yang menantang untuk meraih keberhasilan adalah proses yang harus dijalani setiap online marketing

Jadi yang terpenting, pastikan dahulu, apa tujuan anda dalam sebuah bisnis yang akan dibuatkan website? Jangan tergesa– gesa ingin mendapatkan hasil, namun nikmati saja proses yang terjadi.

Ingat, Online Marketing Bukan Bisnis Instant! Anda tidak hanya berurusan dengan beli nama domain dan sewa hosting tetapi banyak faktor yang harus dipikirkan sebelum terjun ke rimba online marketing.

Bisnis online bukan sejenis mie instant yang di tuang air panas terus bisa dimakan. Bisnis online adalah penerapan bisnis offline tetapi cara kerjanya berhubungan dengan internet.

Mau Berjuang?

0 comments:

Post a Comment